Lebih dari
beberapa dekade semakin banyak orang yang dipecat, perampingan perusahaan atau
bosan dengan pekerjaan korporat dan mengambil jalan sebagai pengusaha.
Sayangnya, kebanyakan pengusaha baru gagal dalam membuat marketing plan atau
strategi. Ada banyak konsep marketing untuk usaha kecil dan perencanaannya,
tapi disini kami mendata 10 konsep marketing teratas untuk UKM.
Konsep Marketing # 1: Konsistensi
Konsistensi
adalah konsep marketing nomor satu untuk pemasaran untuk usaha kecil hanya
karena ini meningggalkan konsep marketing untuk banyak bisnis. Saya sudah
bekerja dengan banyak klien, besar dan kecil, yang tidak konsisten dengan semua
area marketingnya. Konsistensi membantu mengurangi biaya marketing dan
meningkatkan efektivitas branding.
Konsep Marketing # 2: Perencanaan
Ketika
pengusaha memutuskan untuk konsisten dengan marketingnya, perencanaan adalah
konsep selanjutnya yang penting untuk dilakukan.Perencanaan adalah bagian vital
dalam pemasaran usaha kecil atau level marketing manapun, karena itu, dan
banyaknya pengusaha, manajer marketing yang membuat perencanaan yang buruk.
Luangkan waktu untuk merencanakan strategi marketing, anggaran, dan
konsep-konsep lainnya yang dijabarkan disini.
Konsep Marketing # 3: Strategi
Strategi
dengan segera mengikuti perencanaan karena strategi Anda adalah dasar untuk
kelanjutan kegiatan marketing Anda. Pada proses perencanaan, Anda harus
mengembangkan strategi Anda: siapa target Anda, bagaimana Anda membidik mereka,
dan bagaimana Anda menjaga mereka sebagai pelanggan Anda.
Konsep Marketing # 4: Target Market
Target market adalah konsep kunci
lainnya untuk marketing usaha kecil. Dengan mendefinisikan secara tepat siapa
yang Anda tuju memungkinkan pengusaha kecil untuk fokus pada konsumen tertentu
dan mengurangi marketing yang sia-sia. Target market yang terdefinisi dengan
jelas akan membuat konsep marketin menjadi lebih mudah diimplementasikan.
Konsep Marketing # 5: Anggaran
Meskipun
terdaftar diurutan no 5, anggaran adalah penting untuk proses keseluruhan.
Menciptakan anggaran marketing biasanya adalah bagian yang terberat dan paling
tidak akurat di dalam usaha kecil. Kebanyakan pengusaha kecil kurang memiliki
pengalaman dalam hal pemasaran, sehingga yang sering terjadi anggaran menjadi
kacau. Bagian terpenting dalam konsep marketing ini adalah menetapkan anggaran
marketing. Dari sini, Anda bisa khawatir bagaimana Anda mendistribusikan dana
yang tersedia.
Konsep Marketing # 6: Marketing Mix
Marketing mix
biasanya dijabarkan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai
pengusaha kecil, Anda harus memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa),
harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda,
dan bagaimana orang lain tahu tentang Anda dan produk Anda.
Konsep Marketing # 7: Website
Di pasar saat
ini, bisnis dalam ukuran apapun harus memiliki website. Saya tidak suka saat
melihat sebuah bisnis yang memiliki satu halaman website dengan informasi yang
tidak up to date. Konsumen, apakah sebagai bisnis atau pengguna, lebih dari 60%
mencari informasi dari internet sebelum membuat keputusan membeli. Konsep
marketing ini berdiri dari beberapa komponen tambahan, tapi setidaknya Anda
harus mengembangkan sebuah web kecil atau sejenisnya dan selalu meng-updatenya.
Konsep Marketing # 8: Branding
Banyak
pengusaha kecil yang juga mengingkari konsep ini. Marketing usaha kecil harus
fokus pada konsep marketing ini seperti yang dilakukan oleh perusahaan besar.
Branding terdiri dari gambar, logo, skema desain, layout, make up, dan bambar
produk bahkan perusahaan Anda. Branding adalah bagaimana konsumen menerima
produk dan perusahaan Anda. Pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada
jenis brand apa yang Anda bangun melalui masing-masing langkah perencanaan dan
implementasi.
Konsep Marketing # 9: Promosi dan iklan
Promosi dan
iklan adalah konsep marketing yang kompleks, tapi harus dipertimbangkan di
berbagai jenis bisnis dan produk serta jasanya. Ketika Anda menghadapi 8 konsep
marketing, Anda pada akhirnya membuat target market Anda tahu Anda dan produk
Anda. Promosi dan pengiklanan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang
efektif, dan meningkatkan sales.
Konsep Marketing# 10: Customer Relationship Management (CRM)
Konsep customer relationship
management telah menjadi industri yang besar dalam dunia marketing. Ada banyak
piranti lunak dan jasa yang ditawarkan untuk membantu bisnis dengan berbagai
ukuran dalam menangani customer relationship management. Karena ketersediaannya
yang begitu besar, biasanya dibutuhkan sejumlah uang yang besar, pengusaha
kecil biasanya melihat konsep ini sebagai sesuatu yang terlalu besar bagi
mereka atau memerlukan dana yang besar untuk implementasinya. Jangan terjebak
dengan industri masal yang dikembangkan dari konsep ini. Menjaga customer
relationship management yang tepat adalah penting untuk menciptakan konsumen
yang loyal dan konsisten.
Tentu saja marketing Anda tidak
berhenti di sini. Masing-masing bisnis unik dan memiliki komponen tambahan yang
harus dipertimbangkan, tapi daftar ini akan memulai marketing plan.
*Di tulis dari berbagai sumber
*Di tulis dari berbagai sumber
0 komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas komentarnya..
Salam Beramal