SELAMAT DATANG DI BLOG PENJELAJAH ILMU, SEMOGA MENJADI AMAL....! >>>>>>> MAAF BLOG INI MASIH DALAM PERBAIKAN.......

Senin, 10 Februari 2014

Surat yang Dibaca Ketika Shalat Dhuha

09.57.00

Share it Please


Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang memiliki keutamaan yang luar biasa, sebagaimana telah dibahas pada artikel Keutamaan Shalat Dhuha

Lalu, ada pertanyaan, surat apa yang dibaca setelah rakaat pertama dan rakaat kedua shalat dhuha? Karena tidak ada dalil shahih yang menetapkan hal tersebut, para ulama berkesimpulan bahwa setelah membaca surat Al Fatihah boleh membaca surat apa saja dari Al Qur’an.

Adapun hadits 

صلوا ركعتى الضحى بسورتيهما والشمس وضحاها والضحى
“Shalatlah dua rakaat dhuha dengan membaca dua surat dhuha, yaitu surat Was syamsi wadhuhaa haa dan surat Adh dhuha.” (HR. Ad Dailami dari Uqbah bin Amr, dicantumkan dalam Jami’ul Ahadits)

dinilai dhaif oleh para ulama ahli hadits. Bahkan, Syaikh Nashiruddin Al Albani dalam Shahih wa Dha’ih Jami’us Shaghir menilai hadits tersebut maudhu’ (palsu). 

Jadi, dalam shalat dhuha, setelah membaca surat Al Fatihah boleh membaca surat apa saja dari Al Qur’an, tidak harus surat Asy Syam dan Adh Dhuha. Bahkan, meyakini keharusan membaca surat Asy Syam dan Adh Dhuha pada shalat Dhuha adalah keyakinan yang tidak berdasar. Wallahu a’lam bish shawab

sumber : http://www.bersamadakwah.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya..
Salam Beramal